Monday, July 30, 2018

Jenis Serangga yang Bermanfaat bagi Pertanian


Serangga merupakan binatang yang identik sebagai hama. Namun tidak semuanya serangga merugikan manusia sehingga tidak dianggap sebagai hewan pengganggu dan bermanfaat terutama bagi pertanian. Berikut ulasannya tentang serangga yang memberikan manfaat bagi manusia.

1. Belalang Sembah

Belalang sembah mempunyai kemampuannya untuk berkamuflase yang sempurna antara tanaman di kebun. Nimfa serangga ini dapat bersifat kanibal apabila dalam keadaan sangat lapar. Belalang sembah merupakan predator yang dapat memangsa kumbang betina dan juga ulat.

2. Kumbang Koksi

Kumbang koksi merupakan predator pemangsa serangga yang merugikan tanaman. Mungkin karena itu petani suka dengan kumbang koksi. Seekor kumbang bisa menyantap sekitar 50 serangga pemakan tanaman dalam sehari.

3. Sayap Jala

Serangga ini berasal dari famili Chrysopidae. Larva serangga ini adalah predator rakus. Biasanya larva serangga ini dijuluki "kutu singa," memangsa puluhan kutu daun dan beberapa serangga yang memiliki tubuh lunak.

4. Tomcat

Predator ini aktif mencari mangsa pada malam hari. Jenis mangsanya adalah wereng coklat, wereng hijau, hama putih, wereng punggung putih. Siklus hidupnya 90-110 hari dan jumlah telur yang dihasilkan oleh seekor betina sebanyak 24 butir.

5. Laba- laba

Laba-laba aktif mencari dan memburu mangsanya. Kemampuan memangsa predator ini terhadap wereng coklat dapat mencapai 10-20 ekor imago/hari. Beberapa jenis mangsa nya adalah wereng coklat, wereng hijau, hama putih palsu dan juga lalat bibit.

6. Lebah Madu

Jenis serangga yang satu ini juga sangat bermanfaat untuk membantu para petani di ladang. Lebah madu ini memiliki banyak bulu di tubuhnya. Bulu itu lah yang berguna untuk membantu para petani dalam proses penyerbukan. Lebah madu ini akan hinggap di satu bunga sehingga serbuk bunga akan menempel di bulu-bulunya. Kemudian akan menghinggapi bunga lain, sehingga terjadi penyerbukan.

7. Tungau pemangsa/ predator

Sebagian jenis tungau adalah predator. Tungau tersebut mampu memangsa tungau lain, trips dan kutu putih. Satu tungau dapat memakan 1 sampai 5 nimfa trips per hari. Memang tidak semua tungau adalah predator. Ada banyak jenis yang memakan tanaman, dan sebagian dari jenis-jenis ini merusak tanaman budidaya hingga merugikan petani. Terdapat juga tungau parasit dan tungau pengurai. Ada juga yang namanya musuh alami, seperti parasitoid atau predator.

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...