Saturday, July 28, 2018

Para Ulama Besar yang Berasal dari Damaskus, Suriah


Kota ini adalah kota Dimasyq yaitu ibukotanya Suriah yang sekarang disebut DAMASKUS

Banyak ulama dan intelektual yang lahir, atau pernah belajar dan mukim, atau mengajar serta menorehkan karya besarnya di kota ini. Beberapa dari tokoh Islam dari kota Dimasyq yang sangat menonjol itu adalah:

1.Imam al Muwaffaq Ibn Qudamah (451 H/1147 M-620 H/1223 M), siapapun yang mendalami hukum Islam harus mengenalnya.Beliau adalah Ulama besara Ahlus sunnah wal jama`ah.
Karyanya yang paling terkenal: al Mugni fii Syarh Mukhtashar al Khiraqi. Sebuah ensiklopedi hukum Islam yang kendati berpijak pada mazhab Hambali tulen.

2.Imam ‘Izzudin ibn Abdissalam al Syafi’i (577 H/1181 M-660 H/1262 M). Populer dengan gelarnya Sulthan al Ulama (pemuka para ulama), alim yang bernama lengkap Abdul’aziz ibn Abdissalam ibn Abi al Qasim al Sulmi al Dimasyqi ini lahir dan menuntut ilmu di kota Dimasyq.

3. Syekhul Islam Ibn Taimiyah (661 H/1263 M-728 H/1328 M) bernama lengkap Taqiy al Diin Abu al ‘Abbas Ahmad ibn Abdilhalim ibn Abdissalam ibn Taimiyah al Harrani al Hambali al Dimasyqi.beliau Ini menjadi rujukan Utama hukum akidah Mujasimah sekte wahabi salafi.sedang dalam hukum figh Ibnu taymiyah maka sekte wahabi tidak semuanya mengambil dari paham beliau karna banyak ajaran Ibnu taymiyah justru sesuai dengan Ahlu sunnah wala jama`ah..dan tentu saja jika merujuk pada beliau semuanya.. maka sekte wahabi akan kesulitan ketika bicara hukum semisal perkara Bidah yang kini menjadi Tujuan utama sekte wahabi.

4.imam al Hafizh al Dzahabi (673 H/1275 M-748 H/1347 M) ialah Syams al Diin Abu Abdillah Muhammad ibn Ahmad ibn Utsman. Asalnya dari suku Turkmen, tapi lahir dan besar di kota Dimasyq. Al Dzahabi, salah satu murid Ibn Taimiyah.Beliau ini tidak sepeunhnya cocok dengan Gurunya Ibnu taymiyah.

5.Taj al Diin al Subki (727 H/1327 M-771 H/1370 M), atau Abdulwahhab ibn Ali ibn Abdilkaafi. Lahir di Kairo kemudian pindah ke Dimasyq, al Subki belajar dari ulama-ulama kenamaan dari dua kota besar Islam itu.

6.Ibn Qayim al Jawziyah (691 H/1292 M-751 H/1350 M) atau Muhammad ibn Abi Bakr ibn Ayyub ibn Sa’ad, bersama guru utamanya Ibn Taimiyah

7. Imam al Hafizh Ibn Katsir (700-774 H). Siapa yang tidak mengenalnya?

Penulis kitab yang lebih populer dengan namanya: Tafsir Ibn Katsir. Alim yang bernama lengkap ‘Imad al Diin Abu al Fida’ Ismail ibn Amr al Qurasyi ini lahir di Bashrah. Ditinggal wafat ayahnya sejak kecil, dia kemudian pindah ke Dimasyq.

8. Imam Ibn Rajab al Hambali (736 H/1336 M-795 H/1393 M). Nama lengkapnya Zayn al Diin Abdurrahman ibn Ahmad ibn Rajab, lahir di Bagdad tapi besar dan berkarya di kota Dimasyq.

9.Imam Ibn al Jazari (751 H/1350 M-833 H/1429 M), Syams al Diin Muhammad ibn Muhammad ibn Muhammad ibn Ali ibn Yusuf al Syafi’i. Ibn al Jazari lahir dan besar di kota Dimasyq, pernah mengunjungi Mesir, dan menjadi qadhi (hakim) di Syiraz sampai wafat di sana.

10.Jamaludin al Qasimi (1283 H/1866 M-1332 H/1913 M), ibn al Faraj Muhammad Jamal al Diin ibn Sa’ad. Lahir dan menuntut ilmu sejak kecil di Dimasyq. Seorang alim dengan visi pembaruan yang kuat. Untuk itu, sejak usia 20-an tahun dia telah mengkonsentrasikan diri mengajar dan menulis.

11.Syekh Ali Musthafa al Thanthawi (327 H/1909 M-1420 H-1999). Ulama dan penulis produktif ini lahir, tumbuh besar dan menyelesaikan pendidikannya di kota Dimasyq. Pernah bekerja di bidang pendidikan dan pengadilan hingga menduduki jabatan yang cukup tinggi.

Masih banyak lagi ulama ulama lain Yang mayoritas berpaham Ahlus sunnah wal jama`ah,selain Ibnu Taimiyah dan muridnya krn perbedaan akidah.Saya hanya menjelaskan Ulama Ulama yang sudah Umum sering kita dengar atau mungkin sering baca kitabnya.

Damaskus kini menjadi wilayah paling eksrim sekarang ini akibat Munculnya kelompok yang mengaku paling suci, paling alim dan mayoritas pengikutnya dari sekte wahabi Dan islam Radikal lainnya.

Kotanya para Ulama besar yang menjadi Panutan mayoritas Umat Islam kini Bukan lagi ladangnya dakwah, pusatnya Ilmu agama melainkan menjadi tempat pembantaian, pembunuhan, penyembelihan oleh sekte yang menganggap dirinya paling bersih dan suci.

yel yel mereka.. jihad jihad.. ayo kesuriah.. bantai syiah..!! padahal di suriah kalapun ada syiah,tidak sebanding dengan banyaknya pengikut paham ahlus sunnah wal jamaah.

mereka bersuara keras berteriak syiah syiah !! ente syiah laknatullah..!! Akan tetapi mereka justru MELEMPEM dengan IRAN yang memang tempatnya Syiah.

mereka berteriak teriak Syiah Syiah.. JIhad jihad !! menuduh asal Mulutnya terbuka..tapi mereka MELEMPEM jika ditanya kenapa tidak jihad ke Palestina saja yang sudah pasti musuhnya YAHUDI ??

Lihatah saudara saudariku.. mereka sebenarnya sedang berupaya menghancurkan SURIAH setelah sebelumnya..mengacaukan negara,2
 LIBYA..LEBANON. ..IRAK..YAMAN..
HARAMAIN..MESIR DLL ,

yang jelas jelas mayoritas pengikut asyariyah dan maturdy sementara PALESTINA mereka abaikan krn tak perlu repot repot menghancurkannya dan cukup Israel yang mengacaukannya.

Indonesia sekarang mulai dimasuki paham paham yang sama,yang dibawa sekte wahabi..Wahabi mulai melirik Indonesia sebagai tujuan berikutnya.. untungya ada NU, seba
gai wadah aswaja yg cinta NKRI,

Lihatlah mereka..tidak peduli golongan apa..jika tidak setuju dengan paham mereka hampir dipastikan mereka akan balik menuduh ENTE SYIAH !!.

mereka sangat terlihat memaksakan Paham mereka dan tutup telinga dari nasehat nasehat ahli Ulama.

mereka semangat sekali jika ada embel embel DAKWAH TAUHID.

mereka bangga sekali memakai semboyan KEMBALI KE ALQURAN DAN SUNNAH ,
sebagaimana kaum khawarij masa lalu.

jika sudah begini apa bedanya dengan khawarij ?? tidak ada !!.

watak dan karakternya pun sama  sama.MEMAKSAKAN PAHAM MEREKA ,

dan jika tidak suka maka Akan dikatakan sebagai SYIAH yang memang musuh Khawarij sejak dulu !!.
dengan tuduhan tuduhan MEMBABI BUTA

begitu..pada dasarnya mereka MEMANCING PEPERANGAN.

perang saudara sebagaimana LIBYA IRAK ,LEBANON.. dan negara nagara konplik lainya.

BUKA MATA LEBAR LEBAR BAHWA MEREKA SEDANG PERUPAYA MENGHANCURKAN PAHAM MAYORITAS UMAT ISLAM !!.

malaysia sebelumnya bersih dari sekte wahabi.. dan kita sudah mulai ada konplik perang pemahaman sama dengan indonesia yakni

ASWAJA  ,AHLUSSUNAH WALJAMA
AH , VS,  WAHABI.yang ngaku salafi

kecuali brunai walaupun negara kecil sejak awal sudah melarang sekte ini berkembang dinegaranya.cara mereka ini sama dengan Propinsi ACEH yang melarang tegas sekte wahabi masuk wilayahnya.jika masih berani juga..mereka bakal di bunuh  diburu,markas mereka di hancurkan oleh Polisi Syariah dan badfan khusus yang menangani hal itu.Dalam hal ini saya salut dengan Aceh.

 dan seharusnya tiap propinsi di indonesia masing masing membuat keputusan sendiri guna meredam aksi sekte wahabi.Tidak prlu  Tunggu MUI Pusat. Aceh saja tidak perlu menunggu keputusan MUI.

Ulama Ulama tiap pripinsi harusnya mendesak DEPAG daerah masing masing,atau MUI propinsi untuk ambil keputusan tegas.jika sudah begini MUI Pusat tak punya arti apa apa.dan ingat kemaslahatan umat  demi  ,kebaikan syariat ISLAM,

berarti menyangkut keyakinan Masyarakat Luas dan MUI PUSAT bukan suara Rakyat secara luas.

Indonesia mampu lolos dari penjajahan dengan hasli perjuangan sendiri.

NKRI ini berdiri tegak dengan persatuan yang kokoh.dan alangkah Naifnya jika hanya diam menghadapi sekte yang coba menghancurkan Indonesia ini.

JANGA BIARKAN SESUATU YANG DIANGGAP KECIL KRN ADA SAATNYA MENJADI BESAR.

Jadikan negara negara Islam yang berkonplik sebagai pelajaran agar  kita WASAPADA dari sekelompok golongan yang mau mengacaukan dengan dalih dalih suci mereka.

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...