Tuesday, August 7, 2018

Permasalahan Adzan dan Iqomah dalam Kitab Masa'il As-Sholah Karya KH. Ahmad Yasin Asymuni


๐Ÿ“— NGAJI KITAB " MASAโ€™ILUSSHOLAT "
Karya Syaikhunaa KH Ahmad Yasin Asymuni
[ Pengasuh PPHT Petuk Kediri ]
Tema : Permasalahan Adzan & Iqomah PART 02 Oleh  : ู…ุญู…ุฏ ู…ุฒูƒู‰ ุงู„ุณุฑุงุฌู†ูŠ

                   ๐Ÿ€ ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู ๐Ÿ€

                           ู…ูŽุณูŽุงุฆูู„ู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู‚ูŽุงู…ูŽุฉู
PERMASALAHAN SEPUTAR ADZAN & IQOMAH

ูฃ). ู‡ู„ ูŠุตุญ ุงู„ุฃุฐุงู† ู…ู† ุงู„ุฃู†ุซู‰ ูˆุงู„ุฎู†ุซู‰ ุŸ

ุฌ- ู„ุง ูŠุตุญ ู…ู†ู‡ู…ุง ู„ู„ุฑุฌุงู„ ูˆุงู„ุฃุฐุงู† ู…ู†ู‡ู…ุง ู„ุบูŠุฑู‡ู… ุฃู†ู‡ ู„ูŠุณ ุฃุฐุงู†ุง ุฃุตู„ุง ุŒ ุจู„ ู…ุฌุฑุฏ ุฐูƒุฑ ูŠุซุงุจ ุนู„ูŠู‡ ุฃู‚ู„ ู…ู† ุซูˆุงุจ ุงู„ุฃุฐุงู† ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุงุจู† ุงู„ูˆุฑุฏูŠ ููŠ ุดุฑุญ ุงู„ุจู‡ุฌุฉ ุงู„ูˆุฑุฏูŠุฉ ุงู„ุฌุฒุก ุงู„ุซุงู„ุซ ุต ูกู ูฅ : ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุตูููŽุฉู ุงู„ู’ู…ูุคูŽุฐู‘ูู†ู ููŽุดูุฑููˆุทูŒ ูˆูŽุณูู†ูŽู†ูŒุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ูููŠ ุจูŽูŠูŽุงู†ู ุดูุฑููˆุทูู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ (ู…ูู†ู’) ุฃูŽูŠู’ ูŠูุณูŽู†ู‘ู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ู…ูู†ู’ (ุฐูŽูƒูŽุฑู ู…ูŽุง) ุฃูŽูŠู’ ุญูุฑู‘ู ุฃูŽูˆู’ ุจูŽุงู„ูุบู ุฃูŽูˆู’ ููŽุญู’ู„ู ุฃูŽูˆู’ ุถูุฏู‘ู ูƒูู„ู‘ู ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุงู„ุซู‘ูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ุฃูŽูู’ุถูŽู„ูŽุŒ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุตูุญู‘ู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฃูู†ู’ุซูŽู‰ ูˆูŽุงู„ู’ุฎูู†ู’ุซูŽู‰ ู„ูู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู ูƒูŽู…ูŽุง ู„ูŽุง ุชูŽุตูุญู‘ู ุฅู…ูŽุงู…ูŽุชูู‡ูู…ูŽุง ู„ูŽู‡ูู…ู’ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ูŠูŽุชูŽูˆูŽู‚ู‘ูŽูู ูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงุณูุŒ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุฐูŽุงู†ูู‡ูู…ูŽุง ู„ูู†ูŽูู’ุณูู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ู„ูู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกูุŒ ููŽู‚ูŽุฏู’ ุนูู„ูู…ูŽ ู…ูู…ู‘ูŽุง ู…ูŽุฑู‘ูŽ ุฅู„ู‰ ุงู† ู‚ุงู„ (ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ู„ูู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู) ุธูŽุงู‡ูุฑูู‡ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุตูุญู‘ู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู„ูุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุฃูŽุฐูŽุงู†ู‹ุง ุฃูŽุตู’ู„ู‹ุงุŒ ุจูŽู„ู’ ู…ูุฌูŽุฑู‘ูŽุฏู ุฐููƒู’ุฑู ูŠูุซูŽุงุจู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฃูŽู‚ูŽู„ู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ุซูŽูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ุฅู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽู‚ู’ูŠููŠุฏู ุจูุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู ู„ูุณูŽุจู’ู‚ู ุงู„ู’ูƒูŽู„ูŽุงู…ู ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ู„ูุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ุงู‡ู€ู€ ู„ูƒู† ู‚ุงู„ ุตุงุญุจ ุงู„ู…ู†ู‡ุฌ ุงู„ู‚ูˆูŠู… ุงู„ุฌุฒุก ุงู„ุฃูˆู„ ุต ูกูคูฉ : ูุฅู† ุฃุฐู†ุช ุณุฑุง ู„ู‡ุง ุฃูˆ ู„ู…ุซู„ู‡ุง ุฃุจูŠุญ ุฃูˆ ุฌู‡ุฑุง ููˆู‚ ู…ุง ุชุณู…ุน ุตูˆุงุญุจู‡ุง ูˆุซู…ุฉ ู…ู† ูŠุญุฑู… ู†ุธุฑู‡ ุฅู„ูŠู‡ุง ุญุฑู… ู„ู„ุฅูุชุชุงู† ุจุตูˆุชู‡ุง ูƒูˆุฌู‡ู‡ุง

3). Apakah sah adzan dari seorang perempuan dan banci ( khuntsa ) ?

๐Ÿ“š JAWAB
       Hukum adzan dari keduanya adalah tidak sah untuk jamaah laki-laki. Dan adzan dari keduanya ( perempuan dan banci ) untuk selain jamaah laki-laki statusnya bukan dinamakan adzan sama sekali, akan tetapi hanya sebagai dzikir yang diberi pahala yang lebih sedikit dari pahala adzan. Sebagaimana perkataan Imam Ibnu Al-Wardi dalam Kitab Syarah Bahjah Al-wardiyyah Juz III halaman 105 : โ€œ Dan adapun sifatnya muโ€™adzin itu ada syarat-syarat dan sunah-sunahnya. Dan sifat tersebut diambil dalam penjelasan syarat-syaratnya, lalu Pengarang mengatakan ( Dari ) maksudnya adzan itu disunahkan dari ( seorang laki-laki manapun ) maksudnya yang merdeka, baligh, berfungsi kejantanannya, atau kebalikan dari setiap sifat-sifat tersebut walaupun sifat tiga tersebut adalah yang lebih afdhol. Maka tidak sah adzan dari seorang perempuan dan banci untuk jamaah laki-laki sebagaimana tidak sah imamah ( menjadi imam sholat ) mereka ( untuk laki-laki ). Dan terkadang pengqiyasan ini dimauqufkan ( oleh sebagian ulama ). Adapun adzan mereka berdua ( perempuan dan banci ) untuk dirinya sendiri atau para jamaah wanita, maka telah diketahui dari keterangan yang telah lewat, sampai pada perkataan โ€“ ( perkataan pengarang  LIRRIJAAL ) dhohirnya adalah bahwa sah adzan dari keduanya untuk selain jamaah laki-laki. Namun telah disebutkan sebelumnya bahwa itu statusnya bukan adzan tapi adalah dzikir yang diberi pahala yang lebih sedikit dari pahala adzan, kecuali kalau memang pengqoyyidan pengarang dengan jamaah laki-laki ( diatas ) mungkin adalah karena sabqul kalam ( ketidak sengajaan pengarang ) dalam masalah adzan untuk selain jamaah laki-laki [ selesai ] โ€. Akan tetapi pengarang kitab Minhajul Qowim dalam Juz I halaman 149 mengatakan bahwa : โ€œ Jika seorang perempuan adzan dengan suara yang pelan untuk dirinya sendiri atau sesama perempuan, maka diperbolehkan, dan atau dengan suara keras diatasnya suara yang dapat didengarkan oleh temannya ( yang perempuan ) sedangkan disana ada orang yang haram melihatnya ( non mahram ), maka hukumnya haram dikarenakan dapat menarik fitnah ( ketertarikan ) dengan suaranya seperti wajahnya โ€. 

ูค). ู‡ู„ ูŠุณุชุญุจ ู„ู„ู…ุคุฐู† ูˆุงู„ู…ู‚ูŠู… ุฅุฌุงุจุฉ ุฃู†ูุณู‡ู…ุง ู„ูŠุฌู…ุนุง ุจูŠู† ุซูˆุงุจ ุงู„ุฃุฐุงู† ูˆุงู„ุฅู‚ุงู…ุฉ ุŸ

ุฌ- ููŠู‡ ุฎู„ุงู : ู†ุนู… ูŠุณุชุญุจ ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุญู…ุฏ ุงู„ุญู†ุจู„ูŠ ููŠ ุงู„ุฑูˆุถ ุงู„ู…ุฑุจุน ุดุฑุญ ุฒุงุฏ ุงู„ู…ุณุชู†ู‚ุน ุงู„ุฌุฒุก ุงู„ุฃูˆู„ ุต ูฅูฅ : ูˆูƒุฐุง ูŠุณุชุญุจ ู„ู„ู…ุคุฐู† ูˆุงู„ู…ู‚ูŠู… ุฅุฌุงุจุฉ ุฃู†ูุณู‡ู…ุง ู„ูŠุฌู…ุนุง ุจูŠู† ุซูˆุงุจ ุงู„ุฃุฐุงู† ูˆุงู„ุฅุฌุงุจุฉ. ูˆุนู†ุฏ ุงุจู† ุฑุฌุจ ุฃู† ุงู„ู…ุคุฐู† ู„ุง ูŠุฌูŠุจ ู†ูุณู‡ ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ููŠ ุญุดูŠุฉ ุงู„ุฑูˆุถ ุงู„ู…ุฑุจุน ุงู„ุฌุฒุก ุงู„ุฃูˆู„ ุต ูคูฅูฆ : ูˆู‚ุงู„ ุงุจู† ุฑุฌุจ :  ุงู„ุฃุฑุฌุญ ุฃู† ุงู„ู…ุคุฐู† ู„ุง ูŠุฌูŠุจ ู†ูุณู‡ุŒ ูˆู‡ูˆ ุธุงู‡ุฑ ูƒู„ุงู… ุฌู…ุงุนุฉ ุงู‡ู€ู€ู€ .

4). Apakah disunahkan bagi muโ€™adzin dan orang yang iqomah untuk menjawab untuk menjawab ( adzan dan iqomah ) mereka sendiri supaya bisa mengumpulkan antara pahala adzan dan iqomah ( sekaligus pahala menjawabnya ) ?

๐Ÿ“š JAWAB
       Ulama berbeda pendapat mengenai masalah ini : Ya, disunahkan sebagaimana perkataan Syekh Hamd bin Abdullah Al-Hamd Al-Hanbali dalam kitabnya Roudlul Murobbaโ€™ Syarah Zadul Mustanqiโ€™ Juz I Halaman 55 : โ€œ Begitu juga disunahkan bagi muโ€™adzin dan orang yang iqomah untuk menjawab untuk menjawab ( adzan dan iqomah ) mereka sendiri supaya bisa mengumpulkan antara pahala adzan sekaligus pahala menjawabnya โ€. Sedangkan menurut Imam Ibnu Rojab bahwa seorang muโ€™adzin tidak disunahkan menjawab adzannya sendiri ebagaimana keterangan dalam Hasiyah Roudlul Murobbaโ€™ Juz I Halaman 456 : โ€œ Dan telah berkata Imam Ibnu Rojab : Pendapat yang lebih unggul adalah seorang muโ€™adzin tidak disunahkan menjawab adzannya sendiri. Dan pendapat ini adalah dhohirnya perkataan segolongan Ulama [ selesai ]โ€.

ูฅ). ู„ูˆ ุฏุฎู„ ู…ุณุฌุฏุง ู„ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุฃุซู†ุงุก ุงู„ุฃุฐุงู† ุงู„ุซุงู†ูŠ ู„ู„ุฌู…ุนุฉ ูู‡ู„ ูŠุฌูŠุจ ุงู„ุฃุฐุงู† ุฃู… ูŠุตู„ูŠ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุŸ

ุฌ- ูŠุฌูŠุจ ู‚ุงุฆู…ุง ุซู… ูŠุตู„ูŠ ุงู„ุชุญูŠุฉ ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุญุฌ ููŠ ุชุญูุฉ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ ููŠ ุดุฑุญ ุงู„ู…ู†ู‡ุงุฌ ุงู„ุฌุฒุก ุงู„ุฎุงู…ุณ ุต ูกูฃูค : ( ููŽุฑู’ุนูŒ ) ู„ูŽูˆู’ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ูููŠ ุฃูŽุซู’ู†ูŽุงุกู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ ุงู„ู’ุฎูŽุทููŠุจู ููŽูููŠ ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุจู ุชูŽุจูŽุนู‹ุง ู„ูู…ูŽุง ุงุฎู’ุชูŽุงุฑูŽู‡ู ุฃูŽุจููˆ ุดููƒูŽูŠู’ู„ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูุฌููŠุจู ู‚ูŽุงุฆูู…ู‹ุง ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุงู„ุชู‘ูŽุญููŠู‘ูŽุฉูŽ ุจูุฎููู‘ูŽุฉู ู„ููŠูŽุณู’ู…ูŽุนูŽ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูŽ ุงู„ู’ุฎูุทู’ุจูŽุฉู .

5). Jika seseorang masuk masjid untuk melaksanakan sholat tahiyyatul masjid pada pertengahan adzan sholat jumat yang kedua, apakah disunahkan menjawab adzan atau langsung sholat tahiyyatul masjid ?

๐Ÿ“š JAWAB
       Disunahkan menjawab adzan dalam posisi berdiri lalu sholat tahiyyatul masjid sebagaimana yang telah dikatakan oleh Imam Ibnu Hajar dalam kitab Tuhfatul Muhtaj Syarah Kitab Minhaj Juz V Halaman 134 : โ€œ ( Masalah Cabangan ) Apabila ada seseorang masuk masjid pada hari jumat pada saat pertengahan adzan didepan Khotib, maka didalam kitab Al-Ubab mengikuti pendapat yang dipilih oleh Imam Abu Syakil bahwa orang yang masuk masjid tersebut disunahkan menjawab adzan dalm posisi berdiri lalu sholat tahiyyatul masjid dengan dipercepat agar dapat mendengarkan khutbah mulai awal โ€.

ูฆ). ู„ูˆ ูุฑุบ ู…ู† ุงู„ูˆุถูˆุก ุซู… ุณู…ุน ุงู„ุฃุฐุงู† ูู‡ู„ ูŠู‚ุฑุฃ ุงู„ุฏุนุงุก ุฃู… ูŠุฌูŠุจ ุงู„ุฃุฐุงู† ุŸ

ุฌ- ุจุฏุฃ ุจุฐูƒุฑ ุงู„ูˆุถูˆุก ุซู… ูŠุฌูŠุจ ุงู„ุฃุฐุงู† ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุญุฌ ููŠ ุชุญูุฉ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ ููŠ ุดุฑุญ ุงู„ู…ู†ู‡ุงุฌ ุงู„ุฌุฒุก ุงู„ุฎุงู…ุณ ุต ูกูฃูค : ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุชูŽุนูŽุงุฑูŽุถูŽ ุฅุฌูŽุงุจูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ูˆูŽุฐููƒู’ุฑู ุงู„ู’ูˆูุถููˆุกู ุจูุฃูŽู†ู’ ููŽุฑูŽุบูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู…ูุนูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ูŽ ุจูŽุฏูŽุฃูŽ ุจูุฐููƒู’ุฑู ุงู„ู’ูˆูุถููˆุกู ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูŽุฉู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุจูŽุงุดูŽุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽููŽุฑูŽุบูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง .

6). Apabila ada seseorang telah selesai wudlu kemudian ia mendengar adzan, apakah ia disunahkan membaca doa ( setelah wudlu ) atau menjawab adzan ?

๐Ÿ“š JAWAB
       Ia disunahkan memulai dengan dzikir ( doa ) wudlu dahulu lalu menjawab adzan seperti yang dikatakan oleh Imam Ibnu Hajar dalam kitab Tuhfatul Muhtaj Syarah Kitab Minhaj Juz V Halaman 134 : โ€œ Apabila taโ€™arudl ( bertentangan ) antara menjawab adzan dan doa setelah wudlu, semisal seseorang telah selesai berwudlu lalu ia mendengar adzan, maka ia memulai dengan doa setelah wudlu karena doa wudlu adalah ibadah yang tengah ia jalani dan wudlunya pun sudah selesai โ€.

ูง). ู‡ู„ ุชุณู† ุฅุฌุงุจุฉ ุงู„ุฃุฐุงู† ู„ู„ุณูุฑ ุฃูˆ ู„ู„ู…ูŠุช ุงู„ู…ุฏููˆู† ุŸ

ุฌ- ู„ุง ุชุณู† ูƒู…ุง ููŠ ุชุญูุฉ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ ููŠ ุดุฑุญ ุงู„ู…ู†ู‡ุงุฌ ุงู„ุฌุฒุก ุงู„ุฎุงู…ุณ ุต ูกูฃูฅ : ( ููŽุฑู’ุนูŒ ) ู„ูŽุง ุชูุณูŽู†ู‘ู ุฅุฌูŽุงุจูŽุฉู  ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ู†ูŽุญู’ูˆู ุงู„ู’ูˆูู„ูŽุงุฏูŽุฉู ูˆูŽุชูŽุบูŽูˆู‘ูู„ู ุงู„ู’ุบููŠู„ูŽุงู†ู ุง ู‡ู€ู€ .

7). Apakah disunahkan menjawab adzan dikarenakan bepergian ( semisal adzan ketika akan berangkat ziaroh ) atau adzan ketika mayat yang akan dikuburkan  ?

๐Ÿ“š JAWAB
       Tidak disunahkan, sebagaimana keterangan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj Syarah Kitab Minhaj Juz V Halaman 135 : โ€œ( Masalah Cabangan ) Tidak disunahkan menjawab adzan yang dilakukan semisal ketika bayi dilahirkan dan adzan untuk mengusir gendruwo ( jin yang suka mengganggu )โ€.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ู„ู‡ู ุงู„ู’ูˆูŽุงุญูุฏู ุงู„ู’ู‚ูŽู‡ู‘ูŽุงุฑู’ุŒ ุงูŽู„ู’ุนูŽุฒููŠู’ุฒู ุงู„ู’ุบูŽูู‘ูŽุงุฑู’ุŒ ู…ููƒูŽูˆู‘ูุฑู ...