Sunday, August 5, 2018
Menjadi Cerdas Tanpa Wahabi
Akhir zaman ini banyak Orang-orang yang belum Mumpuni ilmu Agama Islam sudah berani Menghukumi suatu Masalah berdasarkan Pemikiran Mereka Sendiri yang Mereka dapatkan dari Terjemahan satu-dua Hadits Nabi tanpa Memandang Kaidah-kaidah yang telah ditetapkan Oleh para Ulama Terdahulu.
Padahal keilmuan Orang-orang pada Zaman Akhir
(Kurun setelah Imam Empat Madzhab) Sangat Jauh di Banding Para Ulama Terdahulu,
Orang-Orang sekarang banyak yang Tidak Fair dalam Menggunakan Hadits,
Semangat dalam berfatwa hanya dengan beberapa Hadits tapi Mengabaikan Hadits-Hadits lain yang jauh lebih Harus dipertimbangkan,
Hafal Satu Dua Hadits saja sudah Berikrar Menjadi Ustadz dan Berani mengatakan Bid’ah Kepada Golongan Mayoritas,
Padahal Kalau kita lihat Sejarah Para Ulama Salaf,
Mereka Hafal Ratusan Ribu Hadits akan tetapi mereka tetap Bermadzhab dan Menghukumi Masalah berdasarkan Ijtihad Imam Madzhab.
.
.
Jauh-Jauh Hari para Ulama sudah Memperingatkan kepada Umat untuk Berhati-Hati dalam Menyampaikan Agama Islam, salah satunya yang disampaikan dalam:
📚 Kitab: "Bughyatul Musytarsyidin Halaman 6, Berikut Ini:
ـ (مسألة: ك): شخص طلب العلم، وأكثر من مطالعة الكتب المؤلفة من التفسير والحديث والفقه،
وكان ذا فهم وذكاء، فتحكم في رأيه أن جملة هذه الأمة ضلوا وأضلوا عن أصل الدين وطريق سيد المرسلين ،
فرفض جميع مؤلفات أهل العلم، ولم يلتزم مذهباً، بل عدل إلى الاجتهاد، وادّعى الاستنباط من الكتاب والسنة بزعمه،
وليس فيه شروط الاجتهاد المعتبرة عند أهل العلم،
ومع ذلك يلزم الأمة الأخذ بقوله ويوجب متابعته،
فهذا الشخص المذكور المدَّعي الاجتهاد يجب عليه الرجوع إلى الحق ورفض الدعاوى الباطلة،
وإذ طرح مؤلفات أهل الشرع فليت شعري بماذا يتمسك..؟
فإنه لم يدرك النبي عليه الصلاة والسلام،
ولا أحداً من أصحابه رضوان الله عليهم،
فإن كان عنده شيء من العلم فهو من مؤلفات أهل الشرع،
وحيث كانت على ضلالة فمن أين وقع على الهدى...؟
فليبينه لنا فإن كتب الأئمة الأربعة رضوان الله عليهم ومقلديهم جلّ مأخذها من الكتاب والسنة،
وكيف أخذ هو ما يخالفها؟ ودعواه الاجتهاد اليوم في غاية البعد كيف...؟ وقد قال الشيخان وسبقهما الفخر الرازي: الناس اليوم كالمجمعين على أنه لا مجتهد، ونقل ابن حجر عن بعض الأصوليين: أنه لم يوجد بعد عصر الشافعي مجتهد أي: مستقل، وهذا الإمام السيوطي مع سعة اطلاعه وباعه في العلوم وتفننه بما لم يسبق إليه ادعى الاجتهاد النسبي لا الاستقلالي،
فلم يسلم له وقد نافت مؤلفاته على الخمسمائة،
وأما حمل الناس على مذهبه فغير جائز،
وإن فرض أنه مجتهد مستقل ككل مجتهد ـ اهـ
(بغية المسترشدين ص ٦ المرجع الأكبر)
________
‘’Ada Orang-Orang yang Pandai dan Cerdas,
Banyak Mempelajari Kitab-Kitab Karangan Ulama Salaf,
Baik itu Tafsir, Hadits, Maupun Ilmu Fiqih,
Kemudian Menghukumi suatu masalah dengan pendapatnya sendiri,
Maka orang yang seperti ini adalah orang yang Sesat dan Menyesatkan yang justru Menjauhkan dari pokok agama yang benar dan jalan Pemimpin para Rasul yaitu Nabi Muhammad Saw.
Mereka Menolak kitab-Kitab Ulama Salaf yang yang Notabene Adalah Ahli Ilmu,
Mereka menyuarakan tentang Tidak Wajibnya Bermadzhab dan Mengarahkan kepada pemahaman Agama dari Hasil Ijtihadnya Sendiri,
Mereka mengaku Beristinbath(Menggali Hukum) Langsung kepada Al-Qur'an dan Sunnah dengan Pemahaman Sendiri, sedang Mereka tidak Memenuhi Kriteria Syarat-Syarat berijtihad yang sudah Masyhur bagi Ahli Ilmu,
Mereka Mewajibkan Masyarakat untuk mengikuti hasil Ijtihad Mereka
Maka untuk orang-orang yang seperti diatas (yang mengaku ngaku berijtihad langsung / menggali hukum langsung dari
Al-Qur'an dan Sunnah)
Wajib atas Mereka Bertaubat dan Kembali kepada jalan kebenaran (sesuai pemahaman mayoritas ulama salaf) dan Masyarakat Wajb Menolak Ajakan Mereka yang Bathil.
Apabila Kitab-Kitab Karangan para Ulama Salaf dikesampingkan (tidak dipakai),
Maka dengan apa seseorang memahami agama ini yang selanjutnya dipakai untuk pedoman hidup..??
Padahal dia tidak bertemu langsung dengan Nabiyyuna Muhaamad Saw,
Juga tidak bertemu dengan para Sahabat Nabi ,
Bila kebetulan Dia mempunyai sesuatu Kitab karangan Ulama Salaf lalu Dia Mempelajarinya Sendiri,
Lalu dalam Proses Memahami Kitab tersebut Dia Salah Pemahaman ,
Maaka kepada siapa Dia akan minta Petunjuk untuk Membenarkan Pemahamannya..????
Silakan jelaskan kepada kami..!!????.
Sesungguhnya Kitab-Kitab karya para Imam Agung Empat Madzhab dan Para Ulama yang Taqlid (mengikuti) kepada Mereka,
Sumbernya adalah Al-Qur'an dan Sunnah,
Bagaimana Proses ijtihadnya sehingga menyelisihi
Pendapat-Pendapat Mereka..???
Kenapa Mereka yang saat ini Mengaku Berijtihad Langsung dan Kembali kepada Al-Qur'an da Sunnah menghasilkan Pendapat dan Pemikiran yang sangat jauh dari para Imam Madzhab yang Empat diatas..???!.
Berkata Al-Imam Asy-Syaikhani dan Pendahulu mereka Al-Imam Al-Fakhrur Razi :
"Orang-orang Zaman sekarang ini ibarat perkumpulan banyak orang hanya saja tidak ada Mujtahid di dalamnya".
Syaikh Ibnu Hajar Menuqil Fatwa dari sebagian para Ahli Ushuluddin:
"Sesungguhnya setelah Kurun Masa Imam Syafi'i tidak ditemukan lagi seorangpun yang mencapai Derajat mujtahid Mustaqil
(Mujtahid yang Menggali langsung Al-Qur'an dan Sunnah).
Contoh terdekat , Imam As-Suyuthi yang dikenal luas ilmunya dan mengusai berbagai ilmu,
Beliau berijtihad dengan Nisbi (Mengikuti Pendapat dari Imam Syafi'i),
Bukan seorang Mujtahid Mustaqil,
Kenapa Beliau Tidak Berani..????
Padahal kitab-kitab karangan Beliau sangat banyak, Tidak kurang dari 500 (lima ratus) Kitab .
Sesunguhnya orang orang yang Menggali Hukum Sendiri Seperti Layaknya Seorang Mujtahid Mustaqil dan Menganggap hasil Ijtihad Mereka Benar , Hal itu Tidak Di Perbolehkan..!!!
Walaupun Mereka Memastikan bahwa Mereka adalah seorang Mujtahid Mustaqil
Seperti Layaknya Mujtahid Zaman Dahulu’’.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita
Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...
-
Beliau adalah KH Muhammad Zaini Abdul Ghani, seorang ulama besar yang sampai akhir hayat beliau masih memberikan ilmu agama bagi masya...
-
Beliau (Sofyan Tsauri) sampai berani bersumpah atas nama ALLAH bahkan berani Bermubahalah jika ada yang menuduh dia berdusta atas apa yan...
-
Di dalam Sejarah Melayu dan Hikayat Raja-Raja Pasai, terdapat sebuah hadits yang menyebutkan Rasulullah menyuruh para sahabat untuk berda...
-
Saya termasuk pengagum kitab-kitab Karya penulis Mesir Syaikh Muhammad Khalid Tsabit. Salah satu karya beliau yang pernah saya baca berju...
-
Menjelang pergantian tahun baru hijriyah sebagian umat Islam ada yang menyambutnya dengan puasa akhir dan awal tahun. Namun demikian munc...
-
Risalah ‘Amman (رسالة عمّان) dimulai sebagai deklarasi yang di rilis pada 27 Ramadhan 1425 H bertepatan dengan 9 November 2004 M oleh...
-
Suatu ketika KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di ajak oleh Prof. Dr. Sayyid Aqiel Al-Munawwar ke makam kakeknya di Palembang. Sampai di...
-
Sebuah kemajuan yang sangat disyukuri dan diapresiasi dengan meningkatnya semangat keagamaan umat muslim di Indonesia. Kemajuan ini bisa ...
-
Ini adalah sampul kitab berjudul “Risâlah Silsilah al-Tharîqatain al-Qâdiriyyah wa al-Naqsyabandiyyah” karangan Syaikh Abdul Karim Banten...
-
_Sanad Madzhab al-Asy'ari di Indonesia_ Para ulama Tanah Air, seperti KH. Moh. Hasyim Asy'ari Jombang, KH. Nawawi bin Nur Hasan...
No comments:
Post a Comment