Tuesday, April 3, 2018

Adakah Manfaat Siwak menurut Medis?


Rasulullah Saw sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga kebersihan gigi dan kesehatan mulut.Beliau bersabda: "Siwak adalah sumber kebersihan gigi dan sumber keridhaan Allah Swt" (HR. Bukhari, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah).

Rasulullah Saw juga bersabda,"Sekiranya aku tidak khawatir akan memberatkan umatku, niscaya akan Ku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap menjelang shalat" (HR.Bukhari dan Muslim). Dalam suatu riwayat,"di setiap kali berwudhu".

Nyatalah bahwa pengguna siwak akan selalu dalam kondisi kesehatan yang baik. Karena ia terus-menerus menghilangkan karang giginya dengan menggunakan siwak setiap hari.

Rasulullah Saw memerintahkan untuk menggunakan siwak pada saat dunia medis belum mengetahui faedah dan khasiatnya. Dengan demikian, beliau adalah orang pertama yang memerintahkan umatnya untuk menjaga kebersihan mulut dan kesehatan gigi.

Siwak berasal dari pohon Arak. Nama ilmiahnya "Salvadora Persica". Pohon ini tunbuh di banyak kawasan sekitar Makkah dan Madinah, serta Yaman dan Afrika. Pohon Arak bentuknya pendek, diameter batangnya tak lebih dari satu kaki, ujung-ujungnya meliuk-liuk, daunnya berkilauan, batangnya keriting dan warnanya coklat muda. Bagian yang digunakan untuk bersiwak adalah isi akarnya.

Siwak memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat,diantaranya :

1. Antibacterial Acid
Yang berfungsi membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Penggunaan kayu siwak yang segar pertama kali akan terasa agak pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan yang serupa mustrad yang merupakan substansi Antibacterial Acid tersebut.

2. Kandungan kimiawi seperti klorida, potassium, sodium bikarbonat, fluoride, silika, sulfur, vitamin C, trimetilamin, salvadorin, tannin dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi,memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi.Bahan-bahan ini sering di ekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.

3. Minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar, dapat menyegarkan mulut dan menghilangkan bau yang tidak sedap

4. Enzim yang mencegah pembentukan plak yang merupakan penyebab radang gusi dan penyebab utama tanggalnya gigi secara prematur.

5. Anti Decay Agent (zat anti pembusukan) dan Antigermal System yang bertindak seperti Penicilin yaitu menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah terjadinya proses pembusukan. Siwak juga turut merangsang produksi saliva, dimana saliva sendiri merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.

SUMBER: Buku Pintar Sains Dalam Al Qur'an karya Dr.Nadiah Thayyarah (Ilmuwan Islam dari Mesir).

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...