Thursday, August 16, 2018

Biografi Syeikh Syukri bin Ahmad bin Ali Al-Luhafi Al-Hanafi


Inilah Syeikh Syukri bin Ahmad bin Ali bin Ali Al-Luhafi Al-Hanafi, salah seorang Wali Abdal, pemilik sanad 10 Qira’at Al-Quran dan Mursyid Thariqah Darqawi yang meskipun telah menjadi ulama besar, masih berkenan memberi minum dan merapikan sandal jamaah di majelisnya.

Kegiatan mulia tersebut dilakukan semenjak beliau masih muda, saat gurunya, Syeikh Abdurrahman Ash-Shughuri dan Syeikh Mustafa Turkmani masih ada. Setelah keduanya wafat dan beliau diangkat menjadi penerusnya, kegiatan tersebut tetap beliau lakukan, bahkan hingga menjelang kewafatannya.

Keluhuran ilmu sekaligus kerendahan hatinya membuat Syeikh Syukri Al-Luhafi dicintai semua kalangan. Syeikh Taufiq Al-Buthi, putra dari Al-Allamah Syeikh Said Ramadhan Al-Buthi berkata, "Jika kalian ingin melihat potret kehidupan sahabat Rasulullah, maka lihatlah Syeikh Syukri."

Syeikh Syukri juga dikenal dengan kedermawanannya, bukan hanya kepada sesama manusia, namun terhadap binatang juga. Pernah ketika beliau hendak berbuka puasa dengan makanan yang tidak seberapa, lalu datang beberapa kucing yang lapar. Tanpa fikir panjang beliau pun memberikan semua makanannya kepada kucing itu.

Akhirnya kucing-kucing itu pun menjadi rutin mendatangi rumah beliau. Murid-muridnya berkata bahwa mereka sering mendapati Syeikh Syukri dalam keadaan kelaparan sedangkan kucing-kucing sedang lahap makan di dapurnya.

Keistimewaan lain yang dimiliki Syeikh Syukri adalah urat nadi di telapak tangan atasnya yang berbentuk lafadz Allah. Beliau wafat di Damaskus tanggal 15 Juli 2015 silam pada usia 95 tahun.

Fanspage fb.me/tobudarkah.id
Instagram @tobudarkah
www.darkah.com

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...