Saturday, September 8, 2018

Gagal Fokus Bid'ah


Ada status yang sering ditulis di medsos oleh beberapa  remaja yg baru "nyadar" belajar agama, yang inti statusnya adalah: "Nabi memperingatkan kepada umatnya akan bahaya bi'dah dalam agama. Kalau anda merasa taat kepada Nabi, maka seharusnya tidak melakukan bid'ah."

Benarkah isi status tersebut? Jawaban saya,  pasti status itu benar, sahih, dan memang begitu seharusnya.

Namun saya ragu terhadap penulis dari status tersebut; apakah dia paham dan sadar sesadar-sadarnya akan implikasi logis dan syar'i atas tulisannya? Apakah jika diajukan pertanyaan lanjut seperti di bawah ini bisa dijawab oleh remaja tersebut?

Berikut ini pertanyaan selanjutnya:

1. Apa arti bid'ah secara bahasa dan secara syara'? Jawaban anda akan menimbulkan runtutan pertanyaan lanjutan.

2. Apa arti bid'ah dalam agama? Apa yg anda maksud dg definisi agama terkait dg katagorisasi sbg bid'ah? Jawaban anda akan menimbulkan runtutan pertanyaan lanjutan.

3. Kalau anda mengatakan bahwa bid'ah yg dilarang adalah dalam hal agama saja, lalu adakah amalan muslim, bahkan adakah amalan bangsa manusia di dunia ini yg tidak terkait dg agama? Jawaban anda akan menimbulkan runtutan pertanyaan lanjutan.

4. Kalau anda masih ngeles dg mengatakan bahwa bid'ah yg dilarang adalah yg terkait dg ibadah mahdlah, maka apakah tahlil, istighosah dll bagian dari ibadah mahdlah? Lalu apa definisi ibadah mahdlah?Jawaban anda akan menimbulkan runtutan pertanyaan lanjutan.

5. Kalau masih tetap ngeyel mengatakan bahwa sesuatu yg tidak dilakukan Nabi adalah bid'ah, maka pakai TOA utk adzan, naik pesawat utk haji dll, tidak pernah dilakukan oleh Nabi. Jawaban anda akan menimbulkan runtutan pertanyaan lanjutan.

6. Kalau anda mengatakan bahwa sesuatu yg tidak dilakukan Nabi adalah bid'ah kecuali itu non ibadah, pertanyaannya, adakah amalan muslim di dunia ini yg non ibadah? Macul, jualan,  makelar dll apakah bukan ibadah? Jawaban anda akan menimbulkan runtutan pertanyaan lanjutan.

7. Kalau masih berputar-putar lagi dg mengatakan bhwa yg bid'ah adalah terkait ibadah mahdlah, atau terkait dg agama, atau sesuatu yang tidak dilakukan Nabi, maka baca lagi pertanyaan mulai nomor satu di atas ya?  hehehe

Ternyata gak simple ya utk melabeli seseorang sbg pembid'ah?  Makanya jangan gampang copy paste kelompok sebelah yg memang wiridan hariannya udah diganti dg tuding sana sini sbg bid'ah, syirik,  tahayul,  khurafat.

Renungkan dulu saat mau copy paste, dalami dulu konsekuensi ucapan tersebut. Jangan hanya karena pengen ganyang bid'ah, lalu copy paste tanpa direnungkan. Kata orang bijak, lidah orang yang berakal berada di belakang hatinya, sedangkan hati orang bodoh berada di belakang lidahnya.

Oleh Kiai Ainur Rofiq Al Amin

Jum'at, 07 September 2018
Padepokan Al Hadi 2 Bahrul Ulum Tambakberas

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...