Thursday, November 15, 2018

Bagaimanakah Keindahan Fisik Nabi Muhammad?


Al-Syaikh al-Imam al-Bushiri dalam Sya’ir legendarisnya, Qosidah al-Burdah mengatakan:

فَهُوَ الَّذِيْ تَمَّ مَعْنَاهُ وَصُوْرَتُهُ  *  ثُمَّ اصْطَفَاهُ حَبِيْباً بَارِئُ النَّسَمِ

مُنَزَّهٌ عَنْ شَرِيْكٍ فِيْ مَحَاسِنِهِ  *  فَجَوْهَرُ الْحُسْنِ فِيْهِ غَيْرُ مُنْقَسِمِ

“Ia (Muhammad ﷺ ) sempurna perangai dan rupanya. Allah sang maha pencipta memilihnya sebagai kekasih. Keindahannya tiada yang dapat menandingi. Keindahan dalam sosoknya tidaklah terbagi dengan yg lain”.

Perawakan Rasulullah sedang, tidak terlalu pendek, tidak pula terlampau tinggi. Rambutnya ikal bergelombang, tidak keriting bergulung dan tidak pula lurus kaku. Badannya gempal tidak terlampau gemuk, dagunya tidak lancip. Wajahnya dengan bentuk yg agak bundar merupakan yg paling tampan di antara manusia sejagat raya. Kulitnya putih kemerah-merahan.

Matanya hitam pekat. kedua bulu matanya memanjang tidak saling menempel, sehingga tampak indah sempurna. Ia lebih sering memandang ke arah bawah dari pada ke atas, menggambarkan sosok yg sangat tawadlu’ dan khusyu’.

Kepala dan dahinya lebar. Hidungnya mancung. Mulutnya lebar dan wangi. Gigi serinya renggang. Saat berbicara, tampak ada cahaya yg memancar keluar di antara kedua gigi serinya. Pipinya lebar dan tidak tampak menjulur tulangnya. Lehernya bak lukisan yg elok nan indah, bersih jernih layaknya warna perak.

Bahunya bidang. Bulu dada memanjang dari dada sampai ke pusar. Tapak tangan dan kakinya tebal dan halus. Laju langkahnya cepat dan tegap. Saat menoleh, seluruh badannya ikut menoleh, menunjukan pribadi yg menghargai siapa pun. Di antara kedua bahunya terdapat khatam al-nubuwwah (tanda kenabian).  Perangainya amat lembut dan ramah.

Sosoknya begitu berwibawa. Pasang mata yg melihatnya, pastilah akan langsung menaruh hormat padanya, meski baru pertama kali memandangnya. Siapa pun yg berkumpul dan mengenalinya, ia akan mencintainya.

Keringatnya putih bersih mengkilap bagaikan mutiara. Baunya yg sangat harum hingga Ummu Sulaim menjadikannya sebagai parfum. Sungguh aku bersumpah tiada parfum yg lebih wangi dari keringatnya.

Al-Hafizh al-‘Iraqi mengatakan:

يَقُوْلُ مَنْ يَنْعَتُهُ مَا قَبْلَهُ  *  أَوْ بَعْدَهُ رَأَيْتُ قَطُّ مِثْلَهُ

“Siapa pun yg mendeskripsikan sosoknya, pastilah berkata, ‘Belum pernah aku melihat sosok sesempurna Rasulullah .”

NB: Baca Burdah Asy Syech Bushiri lalu perbanyak sholawat terutama di malam dan hari Jum'at dan ketika mau tidur coba bayangkan tulisan ini insyaallah kita di izinkan bermimpi Beliau Rasulullah ﷺ .

اللّهمّ صلّ و سلّم و بارك على سيّدنا محمّد و على آل سيّدنا محمّد

Mari bersholawat dan salam kepada Baginda Rosulullah ﷺ .
Semoga kita senantiasa selalu mendapatkan berkah dan syafa'atnya.

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...