Friday, November 30, 2018

Wahabisme: Cara Barat Hadapi Perang Dingin melalui Saudi


Arab Saudi mengaku diminta oleh negara Barat mendanai dan menyebarluaskan WAHABISME, sebuah paham yg mengajak umat Islam Hanya kembali ke ajaran Quran dan Hadis, ke seluruh dunia sebagai upaya menghadang Perang Dingin melawan Uni Soviet.

Pengakuan tersebut disampaikan oleh Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman, kepada Washington Post saat melakukan lawatan ke Amerika Serikat yg dimulai Selasa, 20 Maret 2018, pekan lalu.

Dalam sesi tanya jawab dengan koran Amerika Serikat itu, bin Salman mengatakan, Barat yg menjadi sekutu Arab Saudi, mendesak negaranya agar membantu pembangunan masjid atau madrasah di seluruh dunia selama Perang Dingin.

Upaya ini dalam rangka mencegah pengaruh Uni soviet di negara Muslim," kata Mohammed bin Salman kepada Washington Post sebagaimana dikutip Russian Today, Rabu, 28 Maret 2018.

Putra Mahkota berusia 32 tahun ini menambahkan, Arab Saudi sempat kehilangan jejak atas upaya tersebut, "Tapi kami harus mendapatkannya."

Mohammed bin Salman juga mengatakan bahwa hampir seluruh bantuan untuk pengembangan Wahabisme itu berasal dari lembaga donor swasta, bukan dari pemerintah. Wawancara dengan Washington Post itu berlangsung selama 75 menit pada 22 Maret 2018 ketika dia mengakhiri perjalanannya di Amerika Serikat.

Source: Tempo.co

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...