Friday, September 7, 2018

Hukum Istri Berpuasa Tanpa Izin Suami


Soal:

Bolehkah wanita puasa sunnah tanpa izin suami?

Jawab:

Jawabannya memerlukan perincian. Jika puasa sunat tersebut datangnya setahun sekali, misalnya puasa Arafah, puasa Asyura', puasa Syawal dan lain-lain, maka isteri tidak wajib mendapatkan izin suami. Hanya saja jika suami memerintahkan isteri untuk membatalkan puasanya, isteri wajib mengikuti atau ta'at.

Sedangkan apabila puasa sunat tersebut datangnya tidak setahun sekali, seperti puasa senin dan kamis, puasa putih atau ayyamil bidh, maka isteri wajib mendapat izin suami. Demikian jika suami ada di rumah atau tidak sedang pergi. Adapun apabila suami pergi, maka isteri tidak wajib mendapat izin.

Referensi:Hasyiyah al-Qalyubi, juzu' II, mukasurat 74, cet. Toha Putra Semarang.

Soal:

Bolehkah qadha puasa Ramadhan tanpa izin suami?

Jawab:

Jika qadha'nya mesti segera, jika Ramadhan dia meninggalkan puasa tanpa udzur, maka dia wajib segera mengqadha dan tidak wajib izin suami. Namun apabila ia meninggalkan puasa Ramadhan kerana udzur, sementara waktu qadha-nya masih panjang, maka dia wajib mendapatkan izin suami. Dan jika sudah sangat sempit masanya, maka dia wajib qadha dan tidak perlu izin suami.

Referensi: Al-Bujairami Ala al-Minhaj, juzu' V, muka surat 467 (Maktabah Syamilah).

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...