Tuesday, October 23, 2018

Hukum Membakar Mushaf, Asma Allah dan Kalimah Thayyibah


Kitab Al-Mausu’ah Al-Kuwaitiyah 16/234 Fatwa ke 8 berikut;

ﺫﻫﺐ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺑﻌﺾ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﺇﻟﻰ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻧﻘﺶ ﺍﻟﺤﻴﻄﺎﻥ ﺑﺎﻟﻘﺮﺁﻥ ﻣﺨﺎﻓﺔ ﺍﻟﺴﻘﻮﻁ ﺗﺤﺖ ﺃﻗﺪﺍﻡ ﺍﻟﻨﺎﺱ ، ﻭﻳﺮﻯ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ ﺣﺮﻣﺔ ﻧﻘﺶ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺍﺳﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻴﻄﺎﻥ ﻟﺘﺄﺩﻳﺘﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﻻﻣﺘﻬﺎﻥ
“Ulama Syafi'iyah dan sebagian ulama Hanafiyah berpendapat terhadap kemakruhan mengukir (menulis) dinding dengan Al-Qur'an karena dikhawatirkan jatuh di bawah kaki manusia. Sedangkan ulama Malikiyah berpandangan bahwa haram menulis Al-Qur'an dan nama Allah di atas dinding karena akan menyebabkan nantinya disepelekan.”

Syaikh Zainuddin Al-Malibari mengatakan dalam kitabnya Fathul Mu’in, bahwa menghapus dengan air lebih utama dibanding membakarnya. Hal ini jika proses menghapus dengan air tersebut mudah dilakukan dan airnya tidak jatuh ke tanah. Namun jika sulit menghapusnya atau airnya jatuh ke tanah, maka membakarnya lebih utama.

Kitab Tuhfatul Muhtaj 1/156;
ﻭﺍﻟﻐﺴﻞ ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻨﻪ ﺃﻱ ﺇﺫﺍ ﺗﻴﺴﺮ ﻭﻟﻢ ﻳﺨﺶ ﻭﻗﻮﻉ ﺍﻟﻐﺴﺎﻟﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻻﺭﺽ ﻭﺇﻻ ﻓﺎﻟﺘﺤﺮﻳﻖ ﺃﻭﻟﻰ ﺑﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﺒﺎﺭﺓ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻋﺰ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﻃﺮﻳﻘﻪ ﺃﻥ ﻳﻐﺴﻠﻪ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﺃﻭ ﻳﺤﺮﻗﻪ ﺑﺎﻟﻨﺎﺭ ﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺇﻥ ﺍﻻﺣﺮﺍﻕ ﺃﻭﻟﻰ ﻻﻥ ﺍﻟﻐﺴﺎﻟﺔ ﻗﺪ ﺗﻘﻊ ﻋﻠﻰ ﺍﻻﺭﺽ
“Membasuh lebih utama dibanding membakarnya. Ini jika mudah dan tidak dikhawatirkan airnya jatuh ke tanah. Jika sebaliknya, maka membakarnya lebih utama, (Bujairimi dengan ibarat Al-Bashri). Syaikh Izzuddin mengatakan, caranya ialah membasuhnya dengan air atau membakarnya dengan api. Sebagian ulama mengatakan, membakarnya lebih utama karena membasuh dengan air akan jatuh ke tanah.”

Kitab Asna al-Mathalib Berikut kutipannya:
ﻭ ﻳﻜﺮﻩ ‏( ﺇﺣﺮﺍﻕ ﺧﺸﺐ ﻧﻘﺶ ﺑﻪ ‏) ﺃﻱ ﺑﺎﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻧﻌﻢ ﺇﻥ ﻗﺼﺪ ﺑﻪ ﺻﻴﺎﻧﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻼ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻭﻋﻠﻴﻪ ﻳﺤﻤﻞ ﺗﺤﺮﻳﻖ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﻤﺼﺎﺣﻒ .
ﻭﻗﺪ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻣﻦ ﻭﺟﺪ ﻭﺭﻗﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ ﻻﻳﺠﻌﻠﻬﺎ ﻓﻲ ﺷﻖ ﻭﻻ ﻏﻴﺮﻩ ﻷﻧﻪ ﻗﺪ ﺗﺴﻘﻂ ﻓﺘﻮﻃﺄ ﻭﻃﺮﻳﻘﻪ ﺃﻥ ﻳﻐﺴﻠﻬﺎ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﺃﻭ ﻳﺤﺮﻗﻬﺎ ﺑﺎﻟﻨﺎﺭ ﺻﻴﺎﻧﺔ ﻻﺳﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻝ ﻋﻦ ﺗﻌﺮﺿﻪ ﻟﻼﻣﺘﻬﺎﻥ
Artinya:
“Dimakruhkan membakar papan yang terdapat ukiran Al-Qur’an di permukaannya. Akan tetapi, tidak dimakruhkan (membakar) bila tujuannya untuk menjaga Al-Qur’an.
Oleh karena itu, pembakaran mushaf-mushaf yang dilakukan Utsman bin Affan dapat dipahami.
Ibn Abdil Salam telah mengatakan, orang yang menemukan kertas bertulis basmalah dan sejenis lainnya, janganlah langsung merobeknya hingga tercerai-berai karena khawatir diinjak orang.
Namun cara yang benar adalah membasuhnya dengan air atau membakarnya dengan tujuan menjaga nama Allah dari penghinaan.”

Kitab I'anatut Thalibin Syarah Fath Al-Mu'in 1/84-85
ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺣﺮﻕ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻻ ﻟﻐﺮﺽ ﻧﺤﻮ ﺻﻴﺎﻧﺔ، ﻓﻐﺴﻠﻪ ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻨﻪ .
( ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺣﺮﻕ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﻴﻪ ‏) ﺃﻱ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺍﻟﻤﻐﻨﻲ : ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺇﺣﺮﺍﻕ ﺧﺸﺐ ﻧﻘﺶ ﺑﺎﻟﻘﺮﺁﻥ ﺇﻻ ﺇﻥ ﻗﺼﺪ ﺑﻪ ﺻﻴﺎﻧﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻼ ﻳﻜﺮﻩ . ﻛﻤﺎ ﻳﺆﺧﺬ ﻣﻦ ﻛﻼﻡ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺴﻼﻡ، ﻭﻋﻠﻴﻪ ﻳﺤﻤﻞ ﺗﺤﺮﻳﻖ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﻤﺼﺎﺣﻒ .
ﺍﻩ .
( ﻗﻮﻟﻪ : ﻓﻐﺴﻠﻪ ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻨﻪ ‏) ﺃﻱ ﻓﻼ ﻳﻜﺮﻩ ﺫﻟﻚ، ﻭﻟﻜﻦ ﻏﺴﻠﻪ ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻦ ﺣﺮﻗﻪ .
ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ ﻭﺍﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ، ١ / ٨٤ - ٨٥

Kitab Asnal Mathalib 1/335
ﺃﺳﻨﻰ ﺍﻟﻤﻄﺎﻟﺐ – ‏( ﺝ 1 / ﺹ 335 ‏)
ﻗَﻮْﻟُﻪُ : ﺻِﻴَﺎﻧَﺔً ﻟِﺎﺳْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻋَﻦْ ﺗَﻌَﺮُّﺿِﻪِ ﻟِﻠِﺎﻣْﺘِﻬَﺎﻥِ ‏) ، ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ : ﺇﻥَّ ﺍﻟْﺈِﺣْﺮَﺍﻕَ ﺃَﻭْﻟَﻰ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻐُﺴْﻞِ ﻟِﺄَﻥَّ ﺍﻟْﻐُﺴَﺎﻟَﺔَ ﻗَﺪْ ﺗَﻘَﻊُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ . ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﺤَﻠِﻴﻤِﻲُّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤِﻨْﻬَﺎﺝِ : ﻟَﺎ ﻳَﺠُﻮﺯُ ﺗَﻤْﺰِﻳﻖُ ﺍﻟْﻮَﺭَﻗَﺔِ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺍﺳْﻢُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺃَﻭْ ﺍﺳْﻢُ ﺭَﺳُﻮﻟِﻪِ ﻟِﻤَﺎ ﻓِﻴﻪِ ﻣِﻦْ ﺗَﻘْﻄِﻴﻊِ ﺍﻟْﺤُﺮُﻭﻑِ ﻭَﺗَﻔْﺮِﻳﻖِ ﺍﻟْﻜَﻠِﻤَﺔِ ﻟِﻤَﺎ ﻓِﻴﻪِ ﻣِﻦْ ﺇﺯْﺭَﺍﺀِ ﺍﻟْﻤَﻜْﺘُﻮﺏِ ‏( ﻗَﻮْﻟُﻪُ : ﺑِﺨِﻠَﺎﻑِ ﺍﺑْﺘِﻠَﺎﻉِ ﻗِﺮْﻃَﺎﺱٍ.

Kitab as-Syarwani 1/155
ﻓﻰ ﺍﻟﺸﺮﻭﺍﻧﻲ 1/155 ﻣﺎﻧﺼﻪ : ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺣﺮﻕ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻻ ﻟﻐﺮﺽ ﻧﺤﻮ ﺻﻴﺎﻧﺔ ‏( ﻗﻮﻟﻪ ﺇﻻ ﻟﻐﺮﺽ ﻧﺤﻮ ﺻﻴﺎﻧﺔ ‏) ﺃﻯ ﻓﻼ ﻳﻜﺮﻩ ﺑﻞ ﻗﺪ ﻳﺠﺐ ﺇﺫﺍ ﺗﻌﻴﻦ ﻃﺮﻳﻘﺎ ﻟﺼﻮﻧﻪ ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺄﺗﻲ ﻣﺜﻞ ﺫﻟﻚ ﻓﻰ ﺟﻠﺪ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﺃﻳﻀﺎ.

Semoga bermanfaat dan mencerahkan buat kita semuanya.

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...