Friday, January 26, 2018

Definisi Al-Qur'an Menurut Ulama


A. Secara Etimologis (Bahasa)

1. Menurut Al-Lihyani (w. 215 H)

Kata Al-Qur'an berasal dari bentuk masdar dari kata kerja (fi'il)  قرا ( qara'a) yang artinya membaca dengan pola tasrif (perubahan bentuk kata) قرا-يقرا-قرانا ( qara'a-yaqra'u-qur'anan) berarti yang dibaca (مقروء). Pendapat ini didasarkan atas firman Allah:

اِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهٗ وَقُرْاٰنَهٗ ۚ   ۖ فَاِذَا قَرَأۡنٰهُ فَاتَّبِعْ  قُرْاٰنَهٗ ۚ

Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu
[QS. Al-Qiyamah: 17-18]

2. Menurut Al-Farra (w. 207 H)

Lafadz Al-Qur'an berasal dari kata قرائن (qara'in)  yaitu bentuk jamak dari قرينة (qarinah) yang berarti petunjuk atau indikator sehingg Al-Qur'an merupakan petunjuk atau indikator kehiduoan bagi manusia.

3. Menurut Az-Zujaj (w. 331 H)

Menurutnya, Al-Qur'an berasal dari kata   القرء ( alqar'u) yang berarti semakna dengan kata  الجمع (  aljam'u) yaitu kumpulan sehingga Al-Qur'an merupakan kumpulan surat dan ayat yang berisi larangan dan perintah, kisah-kisah dan kumpulan intisari dari kitab sebelumnya.

4. Menurut Al-Asy'ari (w. 324 H)

Menurut ulama ini, Al-Qur'an terambil dari kata قرن ( qarana) yang berarti menggabungkan sesuatu dengan yang lain sehingga Al-Qur'an adalah gabungan dari ayat-ayat dan surat-surat sehingga menjadi kesatuan yang saling terhubung.

5. Menurut Asy-Syafi'i (w. 204 H)

Menurut Asy-Syafi'i, Al-Qur'an berasal dari isim alam yaitu kata benda yang tidak mengandung kata bentukan (isim musytaq) dari kata apapun. Kata Al-Qur'an menurutnya adalah nama khusus yang telah Allah tetapkan yaitu kitab yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw.

B. Secara Terminologis (Istilah)

1. Menurut M. Khudari Beik

Al-Qur'an didefinisikan sebagai berikut:

القران هو اللفظ العربى المنزل على محمد صلى الله عليه وسلم للتدبر والتذكر المنقول متواترا وهو ما دفتين المبدوء بسورة الفاتحة والمختوم بسورة الناس

Al-Qur'an adalah lafadz yang berbahasa Arab yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw. untuk dipahami isinya, diingat, disampaikan dengan mutawatir, ditulis dengan mushaf, dimulai dari surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas.

2. Muhammad Abduh

Muhammad Abduh mendefinisikan Al-Qur'an:

الكتاب هو القران مكتوب فى المصاحف المحفوظ فى صدور من عنى بحفظخ من المسلمين

Kitab (Al-Qur'an) adalah bacaan yang ditulis dalam mushaf, terjaga didalam dada orang yang menjaganya dengan hafalan dari umat Islam.

3. Menurut Subhi Shalih

Subhi Shalih menjelaskan tentang Al-Qur'an sebagai berikut:

القران هو الكتاب المعجز المنزل على النبى صلى الله عليه وسلم المكتوب فى المصاحف المنقول عليه بالتواتر المتعبد بتلاوته

Al-Qur'an adalah kitab yang mengandung mu'jizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw., ditulis dalan mushaf (lembaran), disampaikan dengan  mutawatir (jalur riwayat) dan bernilai ibadah bagi yang membacanya.

9 comments:

  1. Replies
    1. Alhamdulillah. Monggo shbt jk brmnfaat. Slm kenal dn slm silaturahim dr kami. Trmksh ats hadirny dn mhn mf ats sgala ksalahn tulisan diblog ini. Jazakallah ahsanal jaza' wa khairan katsira.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Alumni Annur ngrukem np mas, ada biografi. Allihyany gk mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Injih. Saya alumni Annur Ngrukem. Mhn mf, biografi imam Al Lihyani blm ada. Sampean siapa dn dmn alamat? Alumni mana?

      Delete
  4. Bang mohon maaf, sepertinya abang ada kesilapan nulis yang mnurut muhammad abduh, yang di dalam dada orangutan, tolong di perbaiki

    ReplyDelete

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...