Friday, September 7, 2018

Nasehat Syaikh Muhammad Ali Ba'dhon tentng Mendidik Anak


Oleh : Sisma Fitra ( mahasiswa tingkat 4 Universitas al Ahgaff )

Berikut beberapa faidah yang kami kutip dari dars Hadis Nabawi bersama Mufti Tarim Syaikh Muhammad Ali Ba'udhon malam ini Senin 3 September 2018

Didiklah anak kalian, wajib bagi kalian mendidik mereka. Entah itu laki-laki ataupun perempuan karena kelak di hari kiamat jika kalian lalai tidak mendidiknya mereka akan menagih dan menanyakan kenapa dahulu engkau tidak mendidik kami? Kenapa dulu membiarkan kami dan tidak mengajari kami?

Bahkan semuanya, jika kalian menemukan anak kecil di rumah kalian berbicara dengan ucapan yang tidak baik. Marahi sampai dia mempunyai adab. Kenapa engkau mengatakan demikian?

Al Habib Abdullah bin Husein bin Thohir dahulu didik keras oleh Bibinya. Bahkan ketika ia dahulu mengatakan ucapan sepele tapi tidak enak didengar, bibinya memarahi kenapa engkau mengatakan demikian?! dan memberikan pelajaran kepada Habib Abdullah bin Husein bin Thahir dengan menyiwaki gigi Habib Abdullah bin Husein bin Thohir dengan keras bahkan hingga gusinya mengeluarkan darah. Begitulah bagaimana mereka dididik dengan jera jika melakukan kesalahan dan menyalahi adab.

Didalam klasifikasi Minhaj bahkan, andai saja Hubabah Nur (bibi Habib Abdullah bin Husen bin Thohir) ini bukan perempuan. Niscaya beliau bisa mencapai derajat qodhi (hakim). Karena kepiawaianya dalam ilmu agama. Namun karena beliau perempuan, dan qodhi tidak bisa berjenis kelamin perempuan akhirnya beliau tidak bisa diangkat qodhi. Radhiyallahu anha

Beliaulah yang mendidik Habib Abdullah bin Husen bin Thohir bersaudara hingga kita melihat bagaimana hasil didikanya itu mencapai maqom tinggi disisi Allah.

Maka wajiblah bagi kita memberi pelajaran bagi anak-anak kita rukun islam, rukun iman, rukun ihsan, dan adab. Ketika anak kecil kalian membawa pisau pegang dan marahi, segala sesuatu yang tidak baik ia lakukan tegurlah. Karena mereka tidak faham.

Akan tetapi kalian adalah berakal dan wajib bagi kalian mendidik anak kalian dengan baik sehingga mereka mempunyai adab yang baik

(Sebagian faidah dari Halaqoh Hadis Nabawi di Masjid Sahl bersama Mutiara Tarim, yang tawadhu dan rendah hati, yang mempunyai sifat tawadhu yang hakiki tanpa dibuat-buat Guru kami semua, Syaikh Muhammad Ali Ba'udhon)

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...