Monday, September 17, 2018

Pancasila dalam Tinjauan Al-Qur'an dan Hadits


Berikut ini lima sila dalam Pancasila:

1.Ketuhanan Yang Maha Esa
2.Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.Persatuan Indonesia
4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Yang membahas tentang SILA KE 1.KETUHANAN YANG MAHA ESA.

Perhatikanlah Terjemah Al Qur'an berikut ini !

Terjemah Al Qur’an Ayat 1 Surat Al Ikhlas.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١)

( Ayat 1).  Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa (Terjemah Al Qur’an Ayat 1 Surat Al Ikhlas )

Terjemah Al Qur’an Ayat 163 Surat Al Baqoroh

وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ (١٦٣)

( Ayat 163) .Dan Tuhanmu adalah TUHAN YANG MAHA ESA; tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Terjemah Al Qur’an Ayat 163 Surat Al Baqoroh (Terjemah Al Qur’an Ayat 163 Surat Al Baqoroh )

erjemah Al Qur’an Ayat 133 Surat Al Baqoroh

وَوَصَّى بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدِّينَ فَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ (١٣٢)
( Ayat 133).  Adakah kamu hadir ketika Ya'qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) TUHAN YANG MAHA ESA dan kami Hanya tunduk patuh kepada-Nya". (Terjemah Al Qur’an Ayat 133 Surat Al Baqoroh)

Yang membahas tentang SILA KE 2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB

Perhatikanlah  Terjemah Al Qur’an  berikut ini !

Terjemah Al Qur’an Ayat  8  Surat Al Maidah

   يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ وَلا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَى أَلا تَعْدِلُوا اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ ( ٨ )

( Ayat 8).  Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. BERLAKU ADILLAH, KARENA ADIL ITU LEBIH DEKAT KEPADA TAKWA. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Terjemah Al Qur’an Ayat  8  Surat Al Maidah )

Terjemah Al Qur’an Ayat 135 Surat An Nisa'.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَى أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالأقْرَبِينَ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَى بِهِمَا فَلا تَتَّبِعُوا الْهَوَى أَنْ تَعْدِلُوا وَإِنْ تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا (١٣٥)

( Ayat 135).Wahai orang-orang yang beriman, JADILAH KAMU ORANG YANG BENAR-BENAR PENEGAK KEADILAN, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. jika ia Kaya ataupun miskin, Maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu Karena ingin menyimpang dari kebenaran. dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, Maka Sesungguhnya Allah adalah Maha mengetahui segala apa yang kamu kerjakan. (Terjemah Al Qur’an Ayat 135 Surat An Nisa’)

Perhatikanlah Terjemah Al Qur’an Ayat  90 Surat An Nahl  tentang berlaku Adil

وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَكُبَّتْ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ هَلْ تُجْزَوْنَ إِلا مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (٩٠)

( Ayat 90).  Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku ADIL dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Terjemah Al Qur’an Ayat  90 Surat An Nahl  )

Perhatikanlah Terjemah Al Qur’an Ayat  58 Surat An Nisa’

APABILA MENETAPKAN HUKUM DI ANTARA MANUSIA SUPAYA MENETAPKAN DENGAN ADIL

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الأمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا (٥٨)

( Ayat 58). Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) APABILA MENETAPKAN HUKUM DI ANTARA MANUSIA SUPAYA KAMU MENETAPKAN DENGAN ADIL. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha Melihat. (Terjemah Al Qur’an Ayat  58 Surat An Nisa’ )

YANG TUA DIHORMATI, YANG MUDA DI SAYANGI, YANG BERILMU DIUTAMAKAN, ITULAH ORANG YANG BERADAB NAMANYA

Perhatikanlah Terjemah Hadits berikut ini !

Terjemah Hadits ke 1

Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُجِلَّ كَبِيرَنَا،

Tidak termasuk golongan ku orang yang tidak memuliakan yang lebih tua (Terjemah Hadits Riwayat Ahmad)

Terjemah Hadits ke 2

Nabi Shollallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا وَيَعْرِفْ حَقَّ كَبِيرِنَا. رواه الحاكم

”Bukan termasuk golongan ku, orang yang tidak menyayangi orang yang lebih muda, dan tidak mengetahui hak-haknya para senior ( orang yang berilmu ).” (Terjemah Hadits Riwayat Hakim)

Terjemah Hadits ke 3

Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيْرَنَا وَيُوَقِّرْ كَبِيْرَنَا

“Bukanlah termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi anak kecil ( anak muda ) dan tidak menghormati orang yang dituakan diantara kami”.( Terjemah Hadits Shohih Riwayat Tirmidzi, dalam Kitab Shohiihul jami’  no.5445).

Yang membahas tentang SILA KE 3.PERSATUAN INDONESIA

Perhatikanlah Terjemah Al Qur’an berikut ini !

Terjemah Al Qur’an Ayat  13  Surat Al Hujorot

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (١٣)

( Ayat 13).Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan DAN MENJADIKAN KAMU BERBANGSA - BANGSA DAN BERSUKU-SUKU SUPAYA KAMU SALING KENAL-MENGENAL. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (Terjemah Al Qur’an Ayat  13  Surat Al Hujorot )

Allah memang menyebutkan bahwa manusia diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa.

Eksistensi suku dan bangsa yang beraneka ragam di tengah pergaulan antar manusia merupakan sebuah fakta yang tak terelakkan, tetapi bukan berarti persatuan berdasarkan kesamaan suku, bangsa, golongan, ras dan warna kulit

Persatuan Indonesia merupakan Anugerah dari Allah Ta’ala , Berbeda-beda tetapi tetap satu jua, kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa nenek moyang Bangsa Indonesia yaitu Bahasa Sansekerta berbunyi BHINNEKA TUNGGAL IKA.

Perhatikanlah  Terjemah Al Qur’an Ayat  63  Surat Al An Fal

وَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ لَوْ أَنْفَقْتَ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا مَا أَلَّفْتَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ أَلَّفَ بَيْنَهُمْ إِنَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ (٦٣)

( 63.Dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, AKAN TETAPI ALLAH TELAH MEMPERSATUKAN HATI MEREKA. Sesungguhnya dia Maha gagah lagi Maha Bijaksana. (Terjemah Al Qur’an Ayat  63  Surat Al An Fal)

Manusia diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa

Perhatikanlah Terjemah Al Qur’an Ayat 22 Surat Ar Rum

وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِلْعَالِمِينَ(٢٢)

(Ayat 22 ).  Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ( Allah ) ialah menciptakan langit dan bumi dan BERLAIN-LAINAN BAHASAMU DAN WARNA KULITMU. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang Mengetahui. (Terjemah Al Qur’an Ayat 22 Surat Ar Rum )

Yang membahas tentang SILA KE 4.KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN

Perhatikanlah Terjemah Al Qur’an Ayat  38 Surat Asy Syuro yang berkaitan dengan musyawarah ( Permusyawaratan Perwakilan )

وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَىٰ بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (٣٨)

( Ayat 38) .Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan sholat, SEDANG URUSAN MEREKA (DIPUTUSKAN) DENGAN MUSYAWARAH ANTARA MEREKA; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka. (Terjemah Al Qur’an Ayat  38 Surat Asy Syuro).

Perhatikanlah Terjemah Hadits berikut ini tentang musyawarah ( Permusyawaratan Perwakilan )

Rosululllah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

تَشَاوَرُوا الْفُقَهَاء وَالْعَابِدِيْنَ وَلاَ تَجْعَلُوْنَهُ بِرَأْيٍ خَاصَّةٍ (رواه الطبرانى)

Bermusyawarahlah kalian dengan para ahlinya dan ahli ibadah, dan janganlah hanya mengandalkan pendapat otak saja ( Terjemah Hadits Riwayat  Thobroni)

Yang membahas tentang SILA KE 5.KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

Perhatikanlah Terjemah Al Qur’an Ayat  19 Surat Adz Dzariyat tentang Keadilan sosial

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ (١٩)

( Ayat 19) .Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian ( yang tidak meminta ) ( Terjemah Al Qur’an Ayat  19 Surat Adz Dzariyat)

Perhatikanlah Terjemah Al Qur’an Ayat  90 Surat An Nahl  tentang berlaku Adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat

 إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ (٩٠)

( Ayat 90).  Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku ADIL dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Terjemah Al Qur’an Ayat  90 Surat An Nahl  )

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...