Friday, February 16, 2018

Apa Spesialnya Tanggal 14 Februari bagi Orang NU?

 Tepat hari ini, 14 Februari. Bukan tentang valentine day atau hari kasih sayang, namun lebih dari itu, khususnya bagi warga NU. Apakah kalian semua tau hari ini adalah hari dimana Hadratussyaih Hasyim Asy'ari dilahirkan?

Sepertinya banyak yang tidak tahu, beliau lahir tanggal 14 Februari 1871 M bertepatan dengan 24 Dzulqa'dah 1287 H di desa Gedang, Jombang. Nama kecilnya adalah Muhammad Hasyim dan kemudian dikenal dengan nama kyai Hasyim Asy'ari.

Sejarah besar bagi warga Nahdliyyin ini harus diketahui banyak orang, bukan untuk turut merayakan atau memuja hari kelahiran sang pendiri NU tersebut, namun untuk muhasabah, bahwa hari ini di 147 tahun yang lalu lahir seorang yang benar-benar menjadi rujukan umat Islam dimasa kini, khususnya warga Nahdlatul Ulama.

Hasyim Asy'ari kecil hidup dilingkungan pesantren yang syarat dengan keagamaan, namun itu tak mengurangi kecerdasan intelektualnya. Bahkan pemikiran intelektualnya semakin tajam. Ia turut serat merasakan pahit getirnya masa penjajahan. Hingga berhasil menggerakkan masyarakat kecil untuk bangkit melawan penjajah.

Baca juga: Penyebab Kesesatan menurut KH. Hasyim Asy'ari

Kini jasa beliau amatlah sangat penting dalam memperjuangkan kemerdekaan. Hingga saat ini jam'iyah yang didirikannya masih kokoh sebagai wadah umat Islam di Indonesia, dan semangat perjuangan beliau masih dikobarkan dan diteruskan oleh generasi penerus hingga sekarang.

No comments:

Post a Comment

Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita

Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...