Saturday, October 13, 2018
Mengapa Wahabi Alergi Sifat 20?
Sifat ke empat yg wajib pada Allah
مخالفته للحوادث lawannya مماثلته للحوادث
Mukhalafah lilhawadits masih termasuk kedalam sifat salbiyah, yakni sifat untuk menolah hal yg tidak layak bagi Allah.
Makna mukhalafatuhu lil hawadits ialah, Allah tidak serupa dg makhluq.
Tidak serupa dalam segala hal, baik zat, sifat dan peebuatan.
Makhluq Adalah alam, sedangkan makna Alam
هو ما سوى الله
Yang bukan Allah Ta'ala itulah Alam.
Lawan dr sifat ini ialah mumatsalatu lil hawadis, yakni sama dg makhluq.
Maka dg sifat mukhalafah lil hawadits inilah tertolak faham MUJASSIMAH yg menjisimkan Allah (mengatakan Allah berbentuk/bertubuh).
Dan tertolak pula cabang mujasssimah seperti JAHWIYAH yg menetapkan Arah (atas) bg Allah.
Mungkin lebih tepatnya sekarang dinamai WAHHABIYAH.
Dalam kitab hasyiyah dusuki pada pembahasan sifat mukhalafatuhu lil hawadits halaman 83 dijelaskan:
واعلم ان من اعتقد ان الله جسم كالاجسام فهو كافر
ومن اعتقد انه جسم لا كالاجسام فهو عاص غير كافر
والاعتقاد الحق اعتقاد ان الله ليس بجسم
"KETAHUILAH, Bahwa barang siapa yg meyakini Allah itu berjisim seperti beberapa jisim, maka dia telah kafir.
Dan barang siapa yg meyakini Allah itu berjisim namun tidak seperti jisim yg lain maka dia telah bermaksiat tanpa kafir.
Dan keyakinan yg benar ialah yg meyakini Allah itu tidak berjisim".
Sedangkan masalah jahwiyah para ulama berbeda pendapat dalam menghukumi mereka kafir,, namun pendapat yg muktamat mereka tidak kafir.
Dalil tentang mukhalafah lil hawadits.
Dalil Aqli
Jika seandainya Allah serupa dg makhluq, sebagaimana kita tahu bahwa makhluk itu baharu, artinya suatu saat akan binasa, maka Allah juga baharu sbb Allah sama dg Makhluq.
Sedangkan Allah itu tidaklah baharu, sebab Allah itu bersifat dg sifat baqa' dan qidam, Sedangkan sifat makhluq berobah2 dan binasa.
Maka mustahil Allah sama dg makhluq.
Dalil Naqli
ليس كمثله شيء وهو السميع البصير
Allah tidak serupa dg sesuatu apapun, dan Allah itu maha mendengar lagi maha melihat.
Not:
Kaf (ك) yg terdapat dalam ayat diatas adalah kaf ziyah, kaz ziyadah disana tidak diartikan, jika diartikan akan berakibat fatal.
Jika kita artikan maka artinya SEPERTI MISILNYA ALLAH (Allah memiliki Misil).
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Khutbah Jum'at: Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita
Bulan Muharram Sarana untuk Mengevaluasi Tradisi Kita Khutbah 1 اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ ...
-
Banyak warganet yang bekomentar negatif atas informasi yang beredar luas melalui media sosial terkait Workshop Al-Qur’an Nusantara yang...
-
A. Secara Etimologis (Bahasa) 1. Menurut Al-Lihyani (w. 215 H) Kata Al-Qur'an berasal dari bentuk masdar dari kata kerja (fi...
-
Suku Chaniago adalah suku asal yang dibawa oleh Datuk Perpatih Nan Sebatang yang merupakan salah satu suku induk di Minangkabau selain su...
-
Ini adalah sampul kitab berjudul “Risâlah Silsilah al-Tharîqatain al-Qâdiriyyah wa al-Naqsyabandiyyah” karangan Syaikh Abdul Karim Banten...
-
Beliau (Sofyan Tsauri) sampai berani bersumpah atas nama ALLAH bahkan berani Bermubahalah jika ada yang menuduh dia berdusta atas apa yan...
-
Syeikh Muhammad Mukhtar Atharid (Maha Guru Ulama Nusantara dari Bogor, ulama besar di Mesjidil Haram Mekkah pada masa Negara Saudi dibaw...
-
Oleh Rijalul Wathon Al-Madury Sayyid Kamal al-Haydari yg dengan nama lengkap Kamal bin Baqir bin Hassan al-Haydari (السيد كمال بن باقر ...
-
Info dari Ustadz Muafa (Syaikhul Pramukiyyin /Mantan Syabab HT), yaitu berkaitan dgn para senior/pembesar HT Pusat, khususnya yg ada di ...
-
Teknik dasar Naqsyabandiyah, seperti kebanyakan tarekat lainnya, adalah dzikir yaitu berulang-ulang menyebut nama Tuhan ataupun menyataka...
-
Risalah ‘Amman (رسالة عمّان) dimulai sebagai deklarasi yang di rilis pada 27 Ramadhan 1425 H bertepatan dengan 9 November 2004 M oleh...
No comments:
Post a Comment